Tips Membuat Blog Lebih Ringan

     Salah satu yang membuat pengunjung betah dan nyaman mampir ke blog kita adalah faktor kecepatan loadingnya.Semakin cepat proses loading blog saat diakses, semakin nyaman pengunjung menjelajahi isi blog kita.Sebagian dari semua blog yang saya jelajahi sulit dibuka alias lambat proses loadingnya. Berdasarkan pengalaman selama blogwalking ditambah sedikit teori logika, blog yang proses loadingnya lambat adalah blog yang panjang halamannya & menggunakan banyak perabotan/aksesoris alias widget. Sebaliknya, blog yang loading nya cepat memiliki model yang lebih simpel & memakai sedikit perabotan. Atas pertimbangan inilah, saya ingin memberi sedikit tips buat blogger agar blognya bisa lebih ringan dan cepat saat di akses.

Pertama, perpendek halaman blog. Sebagian blogger sengaja membuat tampilan blognya panjang sampai ke bawah. Tujuannya mungkin ingin menampilkan beberapa postingan terdahulu agar tetap bisa dibaca pengunjung. Namun sebenarnya hal ini bisa membuat proses loading blog menjadi lambat. Cobalah perpendek halaman blog anda. Kalo bisa postingan terbaru saja yang ditampilkan. Jika tetap ingin menampilkan postingan sebelumnya, batasi antara 2 sampai 3 postingan saja.

Kedua, kurangi perabotan yang dirasa kurang bermanfaat. Aksesoris2 atau widget yang dipajang di blog memang mempunyai banyak fungsi disamping juga mempercantik tampilan blog kita.
Tapi, semakin banyak yang dipajang semakin lama proses loadingnya. Apalagi aksesorisnya termasuk kelas berat. Kurangi widget2 yang tak perlu. Gunakan seminimal mungkin aksesoris. Jangan sampai aksesoris blog lebih banyak dari isi blog itu sendiri.

Ketiga, jangan memasang foto, video, atau musik yang berkapasitas besar di halaman muka blog. Tampilan blog memang kelihatan lebih cantik dan menawan jika dipasang foto/gambar menarik di header maupun sidebar nya. Video & musik juga bisa menjadikan blog kita lebih ciamik. Tapi jika semuanya berkapasitas besar bisa membuat blog kita berat saat dibuka. Cobalah untuk meminimalisir penggunaan gambar atau foto dengan resolusi tinggi. Jika tetap ingin menampilkan foto atau gambar, kompres terlebih dahulu hingga size nya lebih kecil. Begitu juga dengan video atau musik.
semoga tips tersebut membantu buat pembaca Danangweb
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment